matahari

matahari
TERSENYMLAH SEPERTI MATAHARI

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Kamis, 13 Oktober 2011

teori atom dika

c. Rangkuman 1
�Menurut teori atom Dalton:
1. 1. Atom merupakan partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi.
2. 2. Atom suatu unsur yang sama mempunyai bobot yang sama, sedang unsur yang berbeda atomnya akan berbeda pula, yang berarti mempunyai bobot berbeda.
3. 3. Senyawa dikatakan sebagai hasil dari penggabungan atom-atom yang tidak sama dengan perbandingan bobot yang proporsional dengan bobot atom yang bergabung itu.
4. 4. Reaksi kimia hanya melibatkan penataulangan atom-atom sehingga tidak ada atom yang berubah akibat reaksi kimia.

� Menurut J. J. Thomson: Bahwa di dalam atom terdapat elektron-elektron yang tersebar secara merata dalam “bola” bermuatan positip. Keadaannya mirip roti kismis.
� Partikel-partikel utama penyusun atom ialah elektron, proton, dan netron. �Elektron terdapat dalam semua materi, merupakan sinar katoda yang bergerak lurus, dapat dibelokkan oleh medan magnet/ listrik. Muatan
listriknya = 1,602 x 10-19 Coulumb dan massanya = 9,11 x 10-34 g.
� Proton merupakan partikel yang bermuatan positip, disebut sinar
terusan atau sinar kanal. Massanya = 1,673 x 10-24 gram. �Netron, partikel netral/tak bermuatan mempunyai massa mirip proton. �Teori atom Rutherford:
.1. Atom disusun dari:
.  Inti atom yang bermuatan positip.
. Elektron-elektron yang bermuatan negatif yang mengelilingi inti atom.
2. 2. Dalam atom yang netral, banyaknya inti atom yang bermuatan positip sama dengan banyaknya elektron.

� Postulat Bohr tentang atom:
.a. Elektron dalam suatu atom bergerak mengitari sekeliling inti pada orbit/tingkat energi tertentu.
.b. Lebih jauh tingkat energi dari inti, maka lebih besar pula energinya.
.c. Energi akan diemisikan bila elektron bergerak dari tingkat energi tinggi ke tingkat energi yang lebih rendah.
.d. Energi akan diabsorpsi bila elektron bergerak dari tingkat energi rendah ke tingkat energi yang lebih tinggi.
.e. Energi tidak diemisikan atau diabsorpsi secara pelan-pelan, tetapi

dalam satuan/paket h? (disebut kuantum). �Model Atom Mekanika Gelombang
.a. Bahwa elektron dalam atom sebagai partikel dan gelombang.
.b. Heisenberg mengemukakan azas ketidakpastian, yakni tidak mungkin mengetahui secara bersamaan kedudukan dan kecepatan gerak elektron.
.c. Jadi elektron dalam atom mempunyai kebolehjadian ditemukan dalam ruang-ruang tertentu dalam atom yang disebut orbital.


d. Tugas 1
1) Diskusikan dengan teman Anda kelemahan-kelemahan teori atom Dalton
menurut teori atom modern. 2) Apakah kelemahan teori atom Rutherford. 3) Kapan bisa terjadi emisi energi dan absorpsi energi? 4) Diskusikan dengan teman Anda tentang hubungan antara lampu listrik
yang menyala dengan teori atom Bohr, khususnya butir 3) di atas. 5) Dapatkah kita menentukan secara pasti letak elektron?

e. Tes Formatif 1
1. 1. Berikan tiga nama partikel dasar yang ada dalam atom. Uraikan bagaimana ditemukannya dan jelaskan sifat-sifatnya.
2. 2. Sebutkan kelebihan dan kekurangan teori atom Bohr.
3. 3. Berikan alasan-alasan mengapa model atom Bohr untuk atom hidrogen menyalahi prinsip ketidakpastian Heisenberg.
4. 4. Jelaskan yang dimaksud, bahwa elektron memiliki dua sifat yaitu sebagai partikel dan gelombang.


f. Kunci Jawaban formatif 1
1. 1. Elektron: partikel bermuatan listrik negatip (sinar katoda), bergerak lurus, dibelokkan oleh medan magnet/ listrik. Proton: partikel bermuatan listrik positip (sinar terusan atau sinar kanal), bergerak lurus. Netron: partikel netral/tak bermuatan mempunyai massa mirip proton.
2. 2. Kelebihan: Adanya tingkat energi/lintasan bagi elektron, dapat menjelaskan emisi dan absorpsi energi dan dapat mengetahui jari-jari atom hidrogen dan ion sejenisnya, Kelemahan: tingkat energi masih bisa dibagi lagi menjadi beberapa sub tingkat energi, hanya cocok untuk atom/ion berelektron satu.
3. 3. Bahwa elektron bersifat sebagai partikel dan gelombang dan tidak mungkin mengetahui secara bersamaan kedudukan dan kecepatan gerak elektron.
4. 4. Bahwa elektron dalam atom memiliki sifat dualistis yaitu dapat dipandang sebagai partikel dan gelombang.


2. Kegiatan Belajar 2
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran 2
Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 2, diharapkan Anda mampu:
1. 1. Menjelaskan perkembangan dasar pengelompokan unsur-unsur.
2. 2. Menganalisis sistem periodik pendek (Mendeleyev) dan menemukan kelemahannya.
3. 3. Menjelaskan arti golongan, nama khusus beberapa golongan dan periode.
4. 4. Menghubungkan konfigurasi elektron dengan pengelompokan unsur¬unsur pada sistem periodik unsur.
5. 5. Menganalisis tabel atau grafik sifat keperiodikan unsur (jari-jari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar